Langsung ke konten utama

Paradigma Seni Tradisi dalam Dunia Entertainment


  Berawal dari tulisan sebelumnya yang berjudul "Seniman, Tradisi, dan Entertainment", dalam tulisan kali ini saya ingin mengajak Anda para pembaca untuk aktif dalam mendiskusikan permasalah umum terjadi di sekitar kita, khususnya berkenaan dengan seni tradisi. Paradigma yang berkembang tidak tentu arah, meskipun saat ini pemerintah sedang gencar membangkitkan kembali semangat tradisi di setiap daerah. Keadaan ini harus disikapi dengan kedewasaan berfikir dan disesuaikan dengan kondisi zaman yang tidak dapat disamakan dengan saat kesenian itu mulai muncul. Semoga Anda termasuk salah satu warga negara yang perduli dengan keberadaan dan nasib kesenian tradisi milik kita bersama.

Tari Bedhaya Partakrama di Bangsal Sri Manganti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. (Doc.Habib:2013)


1. Mengapa pertunjukan yang nyeleneh lebih diminati oleh penonton?
Karena masyarakat Indonesia pada umumnya yang dalam hal ini berperan sebagai penonton tidak dapat meresapi makna sebuah pertunjukan tradisi.  Pertunjukan yang nyeleneh lebih diminati oleh penonton karena yang terpenting bagi konsumen atau penonton adalah pertunjukan yang tidak membosankan dan menghibur. Selain itu juga dengan bahasa yang mudah dimengerti, yaitu dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Sehingga tentu saja mereka cenderung untuk memilih pertunjukan yang nyeleneh ini. Pertunjukan seperti ini tidak dapat juga disalahkan, sebab mungkin ini merupakan salah satu jalan yang bisa digunakan untuk mengenalkan seni tradisi sedikit demi sedikit. Harapannya setelah menyaksikan pertunjukan ini, para penonton tertarik untuk mengetahui pertunjukan tradisi lebih dalam sebagaimana makna-makna yang terkandung.

2. Bagaimana peran sutradara dalam menciptakan sebuah karya seni yang akan dipertontonkan? Hubungannya dengan kualitas pertunjukan (nyeleneh atau tidak).
Dalam hal ini peran sutradara sangatlah penting, sebab mereka adalah gerbang pertama dimana sebuah pertunjukan disajikan. Mereka yang menentukan pengemasan sebuah pertunjukan. Sutradara harus benar-benar memahami pertunjukan yang akan disajikan dan dapat bermanfaat bagi para penonton, tentu saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Sehingga mereka harus jeli dan dapat memikirkan kelangsungan seni tradisi yang luhur demi kedepannya. Apabila mereka selalu mengunggulkan pertunjukan yang tidak pada tempatnya (nyeleneh) niscaya keberadaan seni tradisi akan hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu seorang sutradara haruslah berdedikasi tinggi demi masa depan seni tradisi.

3. Bagaimana peran serta penonton dalam memilih suatu pertunjukan?
Peran serta penonton dalam memilih suatu pertunjukan adalah sangat penting, mereka mempunyai pendapat masing-masing dalam memilih suatu pertunjukan yang akan ditonton. Penonton yang baik adalah penonton yang bisa memilih pertunjukan apa yang akan disaksikan. Tidak hanya menuruti kepuasan semata, tidak hanya menuruti hiburan semata. Penonton harus lebih bijak dan selektif, terutama kaitannya dengan pertunjukan seni tradisi. Peran mereka juga menentukan keberadaan seni tradisi di lingkungan masyarakat luas. Apabila mereka selalu mengunggulkan pertunjukan yang nyeleneh, dapat dipastikan generasi selanjutnya tidak akan mengenal seni tradisi yang sebenarnya. Akan sangat memprihatinkan jika akar budaya tradisi tidak dijaga dan dilestarikan mulai dari saat ini.

4. Bagaimana wujud kepedulian pemerintah terhadap keberadaan seni tradisi di dunia entertainment?
Pemerintah sangat berperan penting demi kemajuan dunia seni tradisi. Seharusnya pemerintah dapat lebih memprasaranai dan memfasilitasi para seniman tradisi. Selain itu
 juga selalu mempunyai program tersendiri untuk mendidik masyarakat Indonesia mencintai budayanya tersendiri.  Tanpa kepedulian pemerintah, eksistensi seni tradisi akan luput dari pandangan masyarakat. Selain itu akan sangat disayangkan apabila seni tradisi yang luhur ini tidak dikenalkan di negara luar. Dampak nyatanya adalah justru merekalah yang mencari dan mempelajari sendiri seni tradisi kita dan tanpa sadar ada beberapa seni tradisi kita yang diklaim sebagai milik mereka. Sangat ironis, sebab pemerintah kita memang belum bisa menjaga harkat martabat seni tradisi Indonesia sendiri.

Apabila ada kejanggalan dan kesalahan dalam argumentasi di atas, saya mohon maaf. Sekiranya Anda memiliki evaluasi maupun argumen yang berbeda dengan senang hati saya terima dan mohon disampaikan. Terimakasih. Salam Budaya!




Komentar

  1. wah luar biasa mbak Uli, seneng nulis juga rupanya seperti Kresna, Maju terus mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sedikit-sedikit mas Ali.hehe kebetulan hobinya sama..
      Makasih, sukses terus ya! :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Estetis Kesenian Jaranan Senterewe Turangga Wijaya di Dusun Sorogenen, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

A. Deskripsi Jaranan Senterewe Turangga Wijaya merupakan kesenian rakyat yang sampai saat ini masih eksis di wilayah Sleman, khususnya di kecamatan Kalasan. Kesenian ini mempunyai latar belakang sejarah yang menarik sehingga keberadaannya di wilayah itu tidak diragukan lagi. Kesenian jaranan ini menggambarkan sekelompok pahlawan berkuda yang gagah dan gesit dalam medan pertempuran. Mereka menunjukkan kepiawaian berkuda dengan berbagai motif gerakan tari. Properti yang digunakan masing-masing pemain adalah kuda-kudaan (jaranan) yang terbuat dari anyaman bambu dan juga pecut .  Setiap pertunjukan disajikan dengan menampilkan sedikitnya empat kelompok jaranan yang masing-masing terdiri dari enam penari. Jaranan ini ditarikan oleh para penari putera, meskipun beberapa tahun lalu juga sempat ada kelompok penari puteri. Selain penari ada juga peran dalam pertunjukan ini yang disebut bujang ganong, barongan, dan kucingan . Bujang ganong   mempunyai peran khusus yang tersirat, yakn

Memilih Yoga Atau Senam Hamil??

Masa kehamilan adalah masa yang paling membanggakan bagi para ibu, terutama bagi ibu muda seperti saya. Kehamilan pertama ini membuat saya selalu ingin tahu dan belajar mengenai berbagai hal seputar kehamilan dan persalinan. Mulai dari googling, bertanya pada teman maupun kerabat, membaca buku, sampai banyak bertanya ketika konsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini saya lakukan semata hanya untuk kebutuhan sendiri, karena saya merasa perlu mempelajari dunia baru yang memang belum pernah saya jalani sebelumnya.

Lagu Dolanan Anak: Tak Kenal Maka Tak Cinta

Waktu kecil, kita terutama saya pasti familiar dengan lagu-lagu singkat yang umumnya berisi tentang tema permainan atau sebuah kelakar. Oleh karena saya orang Jawa, maka lagu-lagu yang saya kenal waktu itu sebagian besar lagu berbahasa Jawa. Di Yogyakarta, umumnya lagu-lagu ini disebut dengan Lagu Dolanan Anak. Tidak hanya satu atau dua karena banyak sekali Lagu Dolanan Anak yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya, misalnya Jamuran , Gundhul-gundhul Pacul , Padhang Rembulan , Sluku-sluku Bathok , Menthok , dan masih banyak lagi. Lagu-lagu tersebut pada dasarnya tidak diajarkan secara formal, seperti di sekolah tetapi biasanya dikenalkan dari mulut ke mulut baik dari lingkungan teman-teman sekitar, ataupun oleh orang tua di rumah. Akan tetapi patut disayangkan, sebab saat ini hanya segelintir anak yang mengenali lagu-lagu tersebut. Siapakah yang berperan penting memperkenalkan lagu-lagu ini kepada anak-anak penerus budaya bangsa??